Pendaftaran Sekolah Kedinasan Mulai Dibuka Tanggal 1 Juni, SPMB PKN STAN Tahun 2020 Ditiadakan

Pendaftaran Sekolah Kedinasan Mulai Dibuka, SPMB STAN Ditiadakan Tahun Ini
Icon by flaticon.com
fandipres.my.id - Halo bagi para pejuang sekolah kedinasan, siap-siap ya mulai tanggal 1 Juni 2020 pendaftaran untuk beberapa sekolah kedinasan akan mulai dibuka. Namun bagi kamu yang berniat untuk mengikuti SPMB PKN STAN tahun 2020, kamu agaknya harus menunda keinginanmu tersebut karena SPMB PKN STAN untuk tahun ini resmi ditiadakan.

Hal ini disampaikan oleh Kementerian Keuangan selaku pengelola Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) dalam siaran pers bernomor SP - 01/BPPK/2020 dengan judul Penundaan SPMB PKN STAN Tahun 2020 yang bisa kamu lihat pada link berikut ini.


Adapun inti dari siaran pers yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan yang ada di atas terdiri dari tiga poin sebagai berikut:
  1. Bahwa sesuai dengan keputusan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tentang Penetapan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia, menyebabkan seleksi dalam bentuk tes umum tidak dapat dilaksanakan dengan efektif, mengingat jumlah rata-rata pendaftar selama tiga tahun terakhir mencapai angka 130.000 peserta.
  2. Bahwa saat ini sedang dilaksanakan restrukturisasi dan pengkajian kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan dari lulusan program DI dan DIII PKN STAN, serta dari sumber-sumber lain.
  3. Bahwa saat ini sedang dilaksanakan penataan ulang sistem dan tata kelola pendidikan kedinasan di PKN STAN, termasuk di dalamnya penataan Program Studi dan kurikulum yang menekankan pada relevansi lulusan PKN STAN di masa depan, serta aspek pengembangan karakter Aparatur Sipil Negara.

Jika kamu perhatikan yang menjadi poin utama mengapa PKN STAN tidak membuka penerimaan mahasiswa baru yaitu karena sedang mewabahnya pandemi virus Corona di Indonesia. Hal ini menurut pendapat saya merupakan langkah yang tepat untuk dilakukan mengingat peminat SPMB STAN yang cukup banyak sehingga akan sangat beresiko jika SPMB tetap dilakukan.

Di sisi lain berdasarkan surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Birokrasi Reformasi Nomor B/435/m.sm.01.00/2020 disebutkan bahwa ada sejumlah kementerian atau lembaga yang tetap membuka pendaftaran sekolah kedinasan, yaitu:
  1. Kementerian Dalam Negeri
  2. Kementerian Perhubungan
  3. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia
  4. Badan Pusat Statistik
  5. Badan Intelijen Negara
  6. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
  7. Badan Siber dan Sandi Negara

Baca juga: Daftar Lengkap Perguruan Tinggi Kedinasan di Bawah Naungan Kementerian Indonesia

Untuk itu buat kamu yang kecewa karena SPMB PKN STAN tidak dilakukan tahun ini, kamu mungkin bisa mencoba salah satu sekolah kedinasan dari kementerian atau lembaga negara yang ada di atas. Siapa tau ye kan kamunya ditakdirkan untuk bersekolahnya di sekolah kedinasan dari kementerian atau lembaga negara yang ada di atas.

Sebagai penutup, bagi kamu yang ingin mencoba salah satu sekolah kedinasan dari kementerian atau lembaga negara yang ada di atas jangan lupa untuk bersiap diri dan selalu mengecek media sosial ataupun website resmi dari masing-masing sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan kementerian atau lembaga negara yang ada di atas. Namun buat kamu yang memang kebelet HARUS sekolah di PKN STAN mungkin kamu bisa mencobanya di tahun depan sembari terus belajar dan berlatih untuk memantapkan persiapan kamu untuk mengikuti SPMB PKN STAN tahun depan.
Fandi Presly Simamora
Fandi Presly Simamora Don't think too long because the chance can't waiting for you.

Tidak ada komentar untuk "Pendaftaran Sekolah Kedinasan Mulai Dibuka Tanggal 1 Juni, SPMB PKN STAN Tahun 2020 Ditiadakan"

Berlangganan via Email