HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Review SeaBank, Bank Digital ala Shopee

Promo Pengguna Baru SeaBank
Source: dokumentasi pribadi

fandipres.my.id - Halo teman-teman semuanya. Setelah sebelumnya saya mencoba menggunakan bank digital Bank Neo Commerce, akhirnya saya memutuskan untuk mencoba bank digital lain yaitu SeaBank yang merupakan bank digital dari Sea Group yang mungkin lebih kamu kenal melalui e-commercenya Shopee. Lalu bagaimana pendapat saya mengenai SeaBank ini? Apakah SeaBank aman? Berikut ulasan dari saya.

Disclaimer: Review pada artikel ini dituliskan berdasarkan opini pribadi berdasarkan pengalaman saya menggunakan aplikasi ini. Adapun yang menjadi poin penilaian dalam artikel ini adalah fitur-fitur yang disediakan pada aplikasi ini jika dibandingkan dengan aplikasi lain sejenis.

Apa Itu Bank SeaBank?

SeaBank yang dulunya bernama Bank Kesejahteraan Ekonomi ternyata bukanlah sebuah bank baru di mana bank ini telah berdiri sejak tahun 1991. Pada tahun 2021 barulah bank ini berganti nama menjadi SeaBank setelah dicaplok oleh SEA Group yang merupakan induk dari e-commerce Shopee. Melihat sejarah dari SeaBank ini maka dapat dikatakan bahwa SeaBank merupakan sebuah bank resmi yang dapat dipastikan aman karena sudah diregulasi oleh pemerintah Indoesia.

Btw saya sendiri tertarik untuk mencoba SeaBank ini setelah diracuni iklan SeaBank pada aplikasi Shopee yang cukup sering saya pergunakan.

Proses Pendaftaran

Proses pendaftaran SeaBank sama dengan proses pendaftaran bank-bank digital lain di mana kita akan diminta untuk mengisi data diri, memfoto ktp, dan memverifikasi wajah. Jika kamu merupakan pengguna Shopee maka kamu dapat langsung mendaftar SeaBank ini menggunakan akun Shopee yang kamu miliki. Jangan lupa tambahkan kode referal XK93LZ ya!

Keunggulan SeaBank

Tampilan yang Sederhana

Hal pertama yang saya sukai dari aplikasi SeaBank adalah tampilan aplikasinya yang sederhana dan bersih. Ibaratnya SeaBank menempatkan menu-menu yang memang kita butuhkan sebagai penggunanya dan sekaligus sebagai pengguna e-wallet khususnya ShopeePay.

Gratis Top Up E-Wallet

SeaBank sampai saat ini masih menggratiskan biaya top up e-wallet meskipun sekarang sudah menggunakan sistem kuota. Tapi sistem ini masih lebih mending daripada tidak menggratiskan biaya top up e-wallet bukan? Saya harap meskipun ke depannya mungkin kuotanya akan dikurangi kembali, namun untuk pengisian ShopeePay sebaiknya tetap gratis.

Riwayat Transaksi yang Panjang dan Bermanfaat

Hal terakhir yang saya sukai dari SeaBank ini adalah fitur riwayat transaksinya yang panjang dan bermanfaat karena kita dapat melakukan transaksi kembali ke riwayat transaksi ini. Hal ini saya rasa mempercepat proses transaksi saya terutama untuk transaksi-transaksi dengan rekening/nomor yang berulang

Kekurangan SeaBank

Metode Login yang Terbatas

Metode login yang disediakan oleh SeaBank ini hanya terdiri dari pin dan password. Hal ini saya rasa akan cukup mempersulit untuk masuk ke dalam aplikasi.

Harus Memasukkan Password untuk Transaksi dengan Rekening Baru

Ketika kamu ingin melakukan transaksi dengan rekening/nomor baru maka kamu hanya diperbolehkan melakukannya dengan menggunakan password. Hal ini sebenarnya cukup ribet apalagi jika password yang kamu miliki tergolong panjang.

Opsi Tabungan yang Terbatas

Selain tabungan biasa opsi tabungan yang tersedia hanyalah deposito 1 bulan dan 3 bulan. Hal ini cukup terbatas jika kita bandingkan dengan aplikasi lain sejenis yang depositonya ada mulai dari 1 minggu. Selain itu tabungan minimal yang dibutuhkan juga cukup besar menurut saya yaitu sebesar 1 juta rupiah.

Cara Deposit ke Bank SeaBank

Kamu dapat melakukan deposit ke Bank SeaBank melalui beberapa cara yaitu: setor tunai di kantor cabang SeaBank, transfer melalui mobile atau internet banking, ATM, sms dan tentunya melalui aplikasi Shopee.

Jika kamu memilih menggunakan metode transfer dari bank lain, maka pastikan kamu memilih opsi SeaBank atau Bank Kesejahteraan Ekonomi dengan kode bank 535.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar