HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Review Bank Neo Commerce, Bank Digital yang Berani Lebih

Review Bank Neo Commerce
Source: twitter @bankneocommerce

fandipres.my.id - Tahun 2021 merupakan tahun bagi bank digital. Alasan saya mengatakan demikian adalah karena pada tahun ini mulai banyak bermunculan bank-bank yang menyediakan layanan serba digital. Mulai dari pembukaan rekening, transaksi, dan layanan perbankan lainnya dapat dilakukan secara online bermodalkan smartphone yang sudah kita miliki. Lantas apakah memang bank-bank digital ini sudah layak menjadi sebuah "bank"? Berikut ulasan saya untuk bank digital Neo Commerce yang sebelumnya bernama Bank Yudha Bhakti.

Disclaimer: Review pada artikel ini dituliskan berdasarkan opini pribadi berdasarkan pengalaman saya menggunakan aplikasi ini. Adapun yang menjadi poin penilaian dalam artikel ini adalah fitur-fitur yang disediakan pada aplikasi ini jika dibandingkan dengan aplikasi lain sejenis.

Apa Itu Bank Neo Commerce?

Berdasarkan beberapa sumber yang telah saya baca, sebelum berubah menjadi bank digital dulunya Bank Neo Commerce lebih dikenal dengan nama Bank Yudha Bhakti yang dimana segala aktivitas perbankannya dilakukan secara konvensional layaknya bank-bank pada umumnya. Bank yang telah berdiri sejak tahun 1990 ini berganti nama menjadi bank yang kita kenal saat ini pada tahun 2020 silam. Sepengetahuan saya bank ini juga memiliki beberapa kantor cabang di kota-kota besar dan baru berubah menjadi bank digital pada tahun 2021 ini (cmiiw).

Proses Pendaftaran

Harus saya akui sistem pendaftaran Bank Neo Commerce sebelum seperti sekarang ini terbilang ribet dimana kita harus melakukan foto bersama pengundang/agen Bank Neo Commerce sebagai langkah verifikasi proses pendaftaran. Namun sekarang sistem pendaftarannya sudah sangat mudah dimana kita hanya perlu foto sendiri layaknya proses verifikasi di aplikasi-aplikasi keuangan lainnya seperti OVO, Gojek, dan sebagainya.

Berdasarkan pengalaman saya dari proses awal mula pendaftaran hingga akun terverifikasi hanya membutuhkan waktu sekitar 15-20 menitan saja.

Keunggulan Bank Neo Commerce

Gratis Biaya Administrasi dan Biaya Transfer

Salah satu yang menjadi daya tarik dari bank digital adalah tidak adanya biaya administrasi bulanan. Dan ya, bahkan Bank Neo Commerce ini meniadakan biaya transfer antar bank! Saya sendiri tidak tau apakah peniadaan biaya administrasi dan bahkan biaya transfer antar bank ini berlaku sampai kapan, namun harapannya kalaupun nantinya terjadi perubahan skema pembiayaan setidaknya mungkin Bank Neo Commerce dapat meniru skema Bank Jago dimana terdapat batasan (kuota) gratis biaya transfer setiap bulannya.

Btw saya sendiri masih bingung Bank Neo Commerce dapat untungnya darimana kalau semuanya digratisin seperti saat ini. Mungkin lagi bakar-bakar duitkah?

Tersedia Beberapa Pilihan Tabungan

Untuk saat ini saya rasa baru Bank Neo Commerce yang menyediakan beberapa opsi simpanan yang dapat kita pilih dengan penjelasan yang mudah untuk dipahami. Adapun opsi simpanan yang disediakan dalam Bank Neo Commerce ini yaitu tabungan biasa tanpa bunga, Neo Wow, dan terakhir Neo Deposito.

Sesuai dengan namanya tabungan biasa tanpa bunga tidak akan memberikan bunga sama sekali. Kemudian tabungan Neo Wow akan memberikan bunga 6% serta dapat kita tarik kapan saja. Dan terakhir tabungan Neo Deposito memberikan bunga up to 8% sesuai dengan jangka waktu yang kita pilih, namun uang yang kita taruh di Neo Deposito tidak dapat ditarik sebelum jangka waktu yang kita pilih selesai.

Bunga Terbilang Cukup Tinggi

Well, sesuai penjelasan saya di atas opsi tabungan dalam Bank Neo Commerce ini memiliki bunga up to 8% pa. Besaran bunga tersebut cukup terbilang besar jika dibandingkan opsi tabungan dari bank-bank lain sejenis.

Banyak Promo dan Games Berhadiah

Bagi kaum pecinta promo maka Bank Neo Commerce ini tak ada salahnya dicoba. Promo yang pernah saya coba sendiri yaitu promo top up dan pembayaran virtual account dimana saya mendapatkan sejumlah cashback dari promo tersebut. Selain itu terdapat games berupa spin berhadiah uang tunai, bonus bunga deposito dan diskon deposito yang dapat kamu mainkan setiap harinya (saya sendiri tidak tau games berhadiah ini ada sampai kapan).

Oiya setiap hadiah berupa uang tunai (istilahnya Neo Rewards) yang kamu peroleh disini dapat kamu tarik langsung ke dalam Neo Wow atau bahkan kamu transfer ke bank lain ya.

Kekurangan Bank Neo Commerce

Belum Bisa Tarik Tunai

Menurut saya ini merupakan kekurangan terbesar dari Bank Neo Commerce dimana bank ini belum menyediakan fitur kartu debit sehingga kita tidak dapat menarik/menggunakan uang yang terdapat dalam rekening milik kita. Bagi kamu yang hanya menggunakan Bank Neo Commerce ini sebagai tabungan mungkin hal ini tidak terlalu berarti bagi kamu, namun bagi saya yang terkadang masih perlu melakukan tarik tunai agak kesulitan karena hal ini.

Solusi yang dapat kamu lakukan jika ingin melakukan tarik tunai adalah mentransfer uang yang kamu miliki ke rekening lain yang menyediakan fitur ini. Saya sendiri kurang tau ke depannya apakah Bank Neo Commerce akan menyediakan fitur tarik tunai atau tidak.

Masih Minim Integrasi dengan Aplikasi Lain

Tidak seperti Bank Jago yang terintegrasi dengan Bibit dan Gojek, berdasarkan pengalaman saya sepertinya Bank Neo Commerce ini belum terintegrasi dengan aplikasi-aplikasi lain. Memang bukan sebuah keharusan, namun mengingat ini merupakan bank digital saya harap ke depannya bank ini setidaknya terintegrasi dengan layanan-layanan digital yang banyak dipergunakan pada saat ini.

Cara Deposit ke Bank Neo Commerce

Kamu dapat melakukan deposit dengan beberapa cara seperti misalnya transfer antar bank (rekening bank lain ke rekening Bank Neo Commerce milikmu) ataupun melalui minimarket seperti Indomaret dan Alfamart. Jika kamu tidak menemukan opsi Bank Neo Commerce pada saat melakukan transfer antar bank maka kamu dapat memilih opsi Bank Yudha Bhakti karena pada dasarnya kedua bank ini merupakan bank yang sama (kode 490).

Jika kamu mengalami masalah saat melakukan deposit ke Bank Neo Commerce ini, silahkan baca Cara Mengatasi Masalah Top Up Saldo Bank Neo Commerce yang saya buat berdasarkan pengalaman pribadi yang saya alami sendiri.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar