Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Review Makmur, Aplikasi Investasi Reksadana yang Serba Nanggung

Review Aplikasi Reksadana Makmur
Source: pasardana.id

fandipres.my.id - Beberapa waktu yang lalu saya melihat sebuah promo di mana terdapat bonus investasi berupa reksa dana sebesar Rp 25.000 bagi para pengguna baru dan yang mengundangnya untuk mendaftar menggunakan Makmur. Sebagai orang yang suka mencoba hal-hal baru terutama dengan adanya imbalan berupa bonus investasi hati saya kemudian berkata "hmmm sepertinya menarik" dan di sinilah kita akan membahas aplikasi yang saya maksud yaitu Makmur.

Bagaimana pengalaman saya menggunakan aplikasi ini? Apa yang saya sukai dan tidak saya sukai? Apakah Makmur aman? Mari kita bahas.

Disclaimer: Review pada artikel ini dituliskan berdasarkan opini pribadi berdasarkan pengalaman saya menggunakan aplikasi ini. Adapun yang menjadi poin penilaian dalam artikel ini adalah fitur-fitur yang disediakan pada aplikasi ini jika dibandingkan dengan aplikasi lain sejenis.

Apa Itu Makmur?

Saya kutip dari halaman webnya di makmur.id, "PT INOVASI FINANSIAL TEKNOLOGI (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).". Setelah membaca tulisan ini di bagian about makmur.id sayapun langsung mengecek apakah memang benar Makmur sudah diawasi dan diregulasi oleh OJK sebagai agen penjual efek reksa dana. Dan ternyata klaim yang mereka katakan benar sehingga dapat dipastikan bahwa Makmur aman.

Proses Pendaftaran

Proses pendaftaran dilakukan secara online di mana kita harus mengisi dan menyiapkan data-data seperti foto ktp, verifikasi wajah, foto tanda tangan, dan lain-lain layaknya aplikasi sejenis yang memberikan layanan finansial. Berdasarkan pengalaman saya proses pendaftaran hingga akun berhasil diverifikasi hanya membutuhkan hitungan menit-jam.

Parameter Penilaian

Tampilan Aplikasi

Rapi dan bersih dengan catatan terdapat beberapa bagian menu navigasi yang menurut saya cukup membingungkan ataupun sulit untuk diakses. Sebagai contoh ketika saya ingin masuk ke halaman Akun/Profile saya sering kali salah menekan menu Bantuan yang letaknya berada di paling kanan karena saya sudah terbiasa mengingat bahwa menu paling kanan biasanya adalah menu menuju halaman Akun/Profile di berbagai aplikasi lainnya. Menu menuju halaman Akun/Profile itu sendiri dapat diakses melalui menu Beranda dengan menekan icon profile yang ada di bagian kanan atas.

Contoh lainnya adalah saya kesulitan untuk menemukan transaksi penjualan yang sedang diproses karena hal ini dimasukkan ke sebuah menu lain yaitu menu Riwayat. Menurut pendapat saya seharusnya jika sebuah transaksi sedang diproses sepertinya akan lebih baik jika transaksi tersebut tetap dimuat di menu Transaksi hingga transaksi tersebut selesai.

Pembagian Portofolio

Tersedia, di mana kita dapat membagi portofolio yang kita miliki menjadi beberapa portofolio yang berbeda sesuai dengan tujuan investasi yang kita lakukan. Isi dari masing-masing portofolio dapat kita atur sendiri jika kita menggunakan mode Makmur Flexi dan tidak dapat kita pilih sendiri jika kita menggunakan mode robo atau yang disebut sebagai Makmur Pro.

Robo Advisor

Ada, namun saya rasa robo dari Makmur ini kemampuannya cukup terbatas dan kita seakan "dipaksa" untuk mengikuti pilihan dari robo ini. Makmur Pro, portofolio robo ala Makmur dapat kamu aktifkan maupun nonaktifkan dengan cukup mudah hanya dengan menekan tombol switch yang ada di bagian portofolio Makmur Pro.

Jika kamu memilih menggunakan robo ini nantinya kamu akan ditanyai beberapa pertanyaan yang sangat sederhana lalu robo ini akan memberikan pilihan serta persentase alokasi produk investasi yang mau tidak mau harus kamu ikuti karena kita tidak diperbolehkan mengatur hasil pilihan robo ini.

Variasi Pilihan Aset

Cenderung sedikit, namun setidaknya pada Makmur ini sudah tersedia pilihan reksa dana-reksa dana yang cukup populer.

Mode Syariah

Ada, ketika diaktifkan maka produk reksa dana yang ditampilkan hanyalah produk-produk reksa dana yang menganut prinsip syariah.

Informasi Aset

Standar, pada halaman detail aset kamu dapat melihat informasi mengenai produk reksa dana seperti pergerakan grafik, kinerja reksa dana, detail mengenai reksa dana, alokasi portofolio dan top holding dari reksa dana tersebut.

Proses Jual-Beli Aset

Mudah dan informatif, kita dapat dengan mudah melakukan penjualan maupun pembelian aset serta melihat detail tahapan dan estimasi transaksi yang kita lakukan.

Metode Pembayaran

Transfer bank, ShopeePay (min. 100 ribu, max. 10 juta), LinkAja (min. 100 ribu, max. 10 juta), Gopay (min. 10 ribu, max. 2 juta).

Keamanan

Setiap login di perangkat baru akan dimintai kode OTP yang dapat dikirim melalui email, whatsapp, ataupun sms. Untuk login selanjutnya dapat menggunakan PIN ataupun login biometrik berupa sidik jari.

Kesimpulan

Keunggulan Makmur

  • Tampilan yang cukup rapi dan adem di mata.
  • Adanya fitur untuk memisahkan portofolio sesuai dengan tujuan yang ingin dilakukan.
  • Adanya robo yang dapat membantu kita mengatur investasi yang dilakukan.

Kekurangan Makmur

  • Menu navigasi yang cukup membingungkan di beberapa bagian.
  • Robo serba nanggung.
  • Minimum pembelian yang "cukup besar" jika tidak menggunakan metode pembayaran GoPay.
  • Tidak adanya fitur untuk membandingkan reksa dana.

Rating di PlayStore

Makmur telah didownload lebih dari 100 ribu kali dan memperoleh rating 3.2 dari 2000an ulasan yang diberikan (Data 23 April 2022).

Daftar Makmur

Gunakan kode pendaftaran FANDIPRES saat pendaftaran dan dapatkan bonus reksa danamu! https://makmur-referral.onelink.me/2gxt/zn6oxsb5

Fandi Presly Simamora
Fandi Presly Simamora Don't think too long because the chance can't waiting for you.

Posting Komentar untuk "Review Makmur, Aplikasi Investasi Reksadana yang Serba Nanggung"