Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menambahkan Token Kripto di Trust Wallet

Cara Menambah Token di Trust Wallet
Source: trustwallet.com

fandipres.my.id - Setelah sebelumnya saya telah membagikan cara menambahkan token kripto di dompet MetaMask, maka kali ini saya akan membagikan cara yang serupa namun dengan menggunakan dompet Trust Wallet. Bagi kamu yang belum tau Trust Wallet pada dasarnya memiliki kegunaan yang sama dengan MetaMask yaitu sama-sama aplikasi dompet yang dapat digunakan untuk menyimpan aset kripto yang kamu miliki. Bedanya Trust Wallet sampai artikel ini dibuat hanya mendukung penggunaan melalui aplikasi smartphone sedangkan MetaMask mendukung penggunaan melalui aplikasi smartphone dan extensions browser.

Bagi kamu yang ingin mencoba menggunakan Trust Wallet ini kamu dapat mengunduhnya melalui link berikut. Pada aplikasi ini kamu dapat membuat sebuah dompet kripto baru jika kamu belum memiliki dompet kripto sama sekali. Jika kamu sudah memiliki dompet kripto tertentu semisal kamu sudah memiliki dompet MetaMask maka kamu dapat memindahkan dompet MetaMask tersebut ke dompet Trust Wallet dengan memanfaatkan frasa (kata kunci) pemulihan yang diberikan ketika kamu membuat satu buah dompet kripto baru.

Seperti postingan saya yang sebelumnya, di sini kita kembali akan menggunakan bantuan CoinMarketCap untuk mendapatkan alamat kontrak dari token yang akan kita tambahkan.

Cara Menambah Token Kripto (Add Custom Token)

1. Masuk ke CoinMarketCap lalu cari token yang ingin kamu tambahkan. Sebagai contoh di sini saya akan menambahkan token SHIB INU (SHIB) ke daftar token Trust Wallet.

2. Pada gambar di bawah terlihat detail dari token SHIB di CoinMarketCap. Karena token ini hanya memiliki satu alamat kontrak yang berada di jaringan Ethereum, maka pastikan pada saat menambahkannya nanti di Trust Wallet kamu juga memilih jaringan Ethereum. Begitu pula jika token yang kamu miliki memiliki lebih dari satu alamat kontrak pada jaringan yang berbeda.

Alamat Kontrak SHIBA INU

3. Masuk ke aplikasi Trust Wallet lalu pilih ikon Filter yang berada di bagian kanan atas. Pada bagian ini kamu dapat menambahkan daftar token/koin yang populer dengan menekan switch button pada masing-masing token/koin.

Menambah Token di Trust Wallet

4. Jika token yang ingin kamu tambahkan tidak tersedia pada daftar di atas maka kamu dapat menempelkan alamat kontrak yang sudah kita salin tadi ke bagian Search tokens. Nantinya token yang memiliki alamat kontrak tersebut akan ditampilkan dan kamu tinggal menekan switch button untuk menampilkannya pada daftar token yang kamu miliki.

5. Jika seandainya token yang kamu cari tidak juga ditampilkan, maka terakhir kamu dapat menggunakan fitur Add Custom Token untuk menambahkannya secara manual. Pada bagian ini silahkan pilih jaringan blockchain yang digunakan oleh token tersebut lalu isikan bagian detail (Contract Address, Name, Symbol dan Decimal) mengenai token tersebut. Untuk cara mencari tau detail sebuah token dapat kamu baca pada postingan saya sebelumnya (lebih spesifik pada bagian Cara Menambah Token Kripto (Add Custom Token) langkah nomor 6).

Menambah Custom Token di Trust Wallet

Terakhir klik Done setelah semua bagian token tersebut terisi. Nantinya token yang kamu tambahkan akan ditampilkan pada daftar token Trust Wallet.

Jika kamu ingin mencari tau daftar token yang kamu miliki pada dompet jaringan Binance Smart Chain dan dompet jaringan Ethereum maka silahkan baca kembali postingan saya yang sebelumnya di mana kamu dapat melihatnya menggunakan bantuan BscScan dan EtherScan. Untuk mendapatkan alamat dompet Binance Smart Chain dan dompet Ethereum, kamu dapat menyalin alamat dompet pada koin berikut ini di aplikasi Trust Wallet yang kamu pergunakan.

Alamat Binance Smart Cain dan Ethereum di Trust Wallet
Fandi Presly Simamora
Fandi Presly Simamora Don't think too long because the chance can't waiting for you.

Posting Komentar untuk "Cara Menambahkan Token Kripto di Trust Wallet"