Cara Mengklaim Token Listrik Gratis dari PLN

Cara Mengklaim Token Listrik Gratis dari PLN
Icon by flaticon.com
fandipres.my.id - Semakin maraknya penyebaran virus Corona di Indonesia ini membuat pemerintah telah berusaha keras untuk menangani penyebaran virus yang satu ini dengan mengeluarkan beberapa kebijakan salah satunya adalah kebijakan WFH (Work From Home) dan juga kebijakan Belajar dari Rumah yang pendapat saya tentang Belajar (Kuliah) dari Rumah ini bisa kamu baca pada postingan saya berikut.

Baca juga: Kuliah Online Karena Corona? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Dampak Kebijakan #DirumahAja (WFH)

Tentu kebijakan pemerintah yang sempat saya singgung di atas bukanlah untuk setiap kalangan pekerjaan. Ada beberapa pekerjaan yang memang wajib dikerjakan diluar ruangan seperti misalnya tukang ojek atau ojol, supir angkutan umum, pedagang makanan, pedagang di pasar, dan sebagainya dimana orang-orang inilah yang paling merasakan efeknya kebijakan WFH ini karena sepinya orang yang beraktivitas di luar ruangan berakibat pula menjadi semakin berkurangnya pendapatan yang mereka dapatkan.

Bantuan Diskon dan Listrik Gratis

Mengetahui bahwa kebijakan WFH ini bukanlah untuk semua orang, pemerintah sudah berupaya untuk mengurangi dampak WFH ini dengan cara memberikan bantuan sosial untuk masyarakat-masyarakat yang terkena efek negatif kebijakan WFH ini. Tidak hanya sampai disitu, 5 hari yang lalu Presiden Jokowi juga telah mengumumkan kebijakan berupa bantuan untuk mengratiskan biaya tagihan listrik untuk pelanggan dengan daya 450VA dan memberikan diskon 50% untuk biaya tagihan listrik dengan daya 900VA untuk periode April, Mei, hingga Juni.

Bagi para pengguna pasca bayar diskon dan listrik gratis yang diberikan oleh PLN akan langsung terpotong saat melakukan pembayaran. Terbukti saat saya ingin melakukan pembayaran untuk bulan April ini (daya 900VA), tagihan bulanan yang biasanya berkisar antara Rp 60.000 - Rp 70.000 setiap bulannya, kini saya cukup membayar Rp 35.000 - Rp 45.000 / bulannya tergantung pemakaian juga.

Bagaimana untuk Pengguna Token Listrik?

Nah lalu bagaimana untuk para pengguna prabayar yang tagihan listriknya berupa token? Untuk para pengguna prabayar (token listrik) paling tidak ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk dapat mengklaim diskon dan listrik gratis dari PLN yang akan saya bahas di bawah ini.

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis dari Situs PLN

1. Buka situs resmi milik PLN di alamat berikut www.pln.co.id.
2. Kemudian masuk ke bagian menu Informasi, lalu pilih opsi Gratis / Diskon PSBB.
3. Selanjutnya masukkan ID Pelanggan ataupun Nomor Meter, lalu klik Cari. Kemudian token listrik gratis dari PLN akan ditampilkan pada layar.
4. Input kode token gratis yang diberikan pada meteran sesuai dengan ID Pelanggan.
5. Selesai.

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis melalui WhatsApp

1. Buka aplikasi WhatsApp, kemudian kirim pesan ke nomor berikut 08122-123-123.
2. Ikuti petunjuk yang diberikan dimana salah satunya nomor tersebut akan menanyakan ID Pelanggan milikmu.
3. Kemudian token gratis akan diberikan melalui chat WhatsApp melalui balasan chat yang kamu lakukan.
4.  Input kode token gratis yang diberikan pada meteran sesuai dengan ID Pelanggan.
5. Selesai.

Penutup

Buat kamu yang mungkin sedikit mengalami kesulitan menggunakan kedua cara di atas, ada baiknya untuk kamu tidak mengaksesnya pada jam-jam sibuk karena tentunya akan banyak sekali orang yang mengakses ataupun mengirim pesan ke nomor WhatsApp di atas. Pihak dari PLN juga mengkonfirmasi hal tersebut dan sedang berupaya untuk meningkatkan layanan yang mereka gunakan.
Fandi Presly Simamora
Fandi Presly Simamora Don't think too long because the chance can't waiting for you.

Tidak ada komentar untuk "Cara Mengklaim Token Listrik Gratis dari PLN"

Berlangganan via Email