Ujian Nasional Resmi Ditiadakan Tahun Ini, Siswa Auto Lulus?

Ujian Nasional Resmi Ditiadakan Tahun Ini, Siswa Auto Lulus
Icon by flaticon.com
fandipres.my.id - Sebelumnya saya disini ingin mengucapkan selamat kepada adik-adik yang duduk di bangku kelas 6 SD, 3 SMP dan 3 SMA / SMK karena untuk tahun ini kalian tidak perlu melewati yang namanya Ujian Nasional / UNBK dikarenakan mewabahnya virus Corona ini di Indonesia.

Sebenarnya wacana penghapusan / peniadaan ujian nasional ini rencananya baru akan direalisasikan pada tahun 2021 mendatang. Namun siapa sangka tahun ini, Presiden Joko Widodo resmi memutuskan untuk meniadakan ujian nasional pada tahun 2020 ini. Keputusan tersebut didapatkan setelah Komisi X DPR RI dan Kemendikbud Nadiem Makarim menggelar rapat secara online membahas ujian nasional ini mengingat masih mewabahnya virus Corona di Indonesia.

Menurut sudut pandang saya, keputusan ini merupakan keputusan terbaik untuk saat ini sebagai bentuk pencegahan semakin meluasnya penyebaran virus Corona ini. Apalagi dalam beberapa tahun belakangan ini, ujian nasional sudah bukan merupakan persyaratan kelulusan siswa - siswi untuk melanjut ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Respon dari masyarakat pun cukup beragam terutama dari para siswa - siswi yang seharusnya mengikuti ujian nasional ini. Ada yang kecewa karena sudah mempersiapkannya dengan mengikuti bimbingan belajar, ada juga yang senang bahkan sangat senang karena memang tidak mempunyai persiapan namun tidak perlu lagi berhadapan dengan ujian nasional ini. Meskipun begitu ternyata ada jenjang pendidikan yang sudah terlanjur mengikuti UN ini. Ya, mereka adalah anak-anak SMK yang mungkin kurang beruntung karena sudah terlanjur mengikuti ujian nasional tahun ini mengingat pelaksanaan ujian nasional untuk SMK memang lebih dulu dibandingkan jenjang pendidikan lainnya.

Lantas apakah siswa - siswi yang tidak mengikuti ujian nasional ini "Auto Lulus"? Berdasarkan keterangan dari Kemendikbud, keputusan untuk meluluskan siswa - siswi diberikan kepada masing-masing sekolah dengan memperhatikan dan menimbang nilai-nilai rapor yang dimiliki oleh siswa - siswi tersebut.

Bagaimana? Apakah kamu termasuk kaum yang senang karena Ujian Nasional untuk Tahun 2020 ini ditiadakan atau malah sebaliknya? Atau kamu merupakan anak SMK yang sudah terlanjur mengikuti ujian nasional tahun ini? Tulis pengalaman dan pendapatmu pada kolom komentar yang ada di bawah ya.
Fandi Presly Simamora
Fandi Presly Simamora Don't think too long because the chance can't waiting for you.

1 komentar untuk "Ujian Nasional Resmi Ditiadakan Tahun Ini, Siswa Auto Lulus?"

  1. Waduh, kalo lulusnya dilihat dari nilai rapor, bahaya dong. Nilai saya jelek jelek smua wkwkwk ya sudahlah.

    Btw blognya mantap mas. Bermanfaat bgt. Salam aubinesia.com!

    BalasHapus

Posting Komentar

Berlangganan via Email