Ciri-ciri Guru Milenial di Era "Zaman Now"

Ciri-ciri Guru Milenial di Era Zaman Now
Icon by flaticon.com
fandipres.my.id - Halo semuanya, balik lagi bersama saya di blog personal fandipres.my.id ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana sih ciri-ciri yang disebut Guru Milenial itu? Mengingat kita sekarang ini sedang berada di zaman tumbuh dan berkembangnya generasi-generasi milenial atau istilah lainnya "generasi zaman now".

Sebelumnya kamu semua udah paham ga sih apa arti "Milenial" ini? Kalau belum paham simak baik-baik ya.

Pengertian Milenial

Milenial atau yang disebut juga sebagai Generasi Y (Gen Y) merupakan generasi yang berasal (dilahirkan) dari Generasi X (Gen X) dimana yang disebut sebagai Generasi Milenial adalah orang-orang yang lahir pada tahun 1980-an hingga awal tahun 2000-an.

Lantas mengapa Generasi Milenial ini seperti memiliki keunikan tersendiri? Jawabannya adalah karena Generasi Milenial ini tumbuh dan berkembang di masa-masa perkembangan teknologi yang sangat-sangat cepat dimana semua aspek kehidupan Generasi Milenial ini telah terbantu dengan adanya teknologi yang sudah ada saat ini.

Lalu sebagai tenaga pendidik seperti guru misalnya, kamu tentunya tidak ingin ketinggalan zaman kan dengan Generasi Milenial ini? Meskipun mungkin kamu lahir di zaman yang berbeda dengan Generasi Milenial ini, kamu tetap dapat kok mengikuti trend saat ini dan berubah menjadi Guru Milenial dengan syarat kamu harus memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

Ciri-ciri Guru Milenial

Menggunakan Smartphone

Kegunaan smartphone pada "Zaman Now", sebutan Generasi Milenial untuk zaman sekarang ini tentunya memiliki banyak manfaat bila dibandingkan dengan handphone biasa yang hanya bisa menerima telepon dan sms saja.

Untuk bisa mengikuti dan menjadi Guru Milenial Zaman Now, kamu harus berani keluar dari masa-masa zaman dulu yang hanya menggunakan handphone dan beralih menggunakan smartphone. Terlebih fitur smartphone saat ini sudah terbilang cukup mumpuni dimana kamu bisa berdiskusi dan membuat grup bersama dengan murid-murid yang kamu ajari untuk mempererat hubunganmu dengan mereka.

Gaya Mengajar Fleksibel dan Tidak Kaku

Jika kamu masih menggunakan gaya belajar yang kaku, maka kamu harus mencoba untuk merubahnya sekarang juga. Generasi Milenial saat ini sangat menyukai akan kebebasan dan hal-hal yang baru. Untuk itu kamu harus bisa mengikuti trend pengajaran saat ini, misalkan saja beri kesempatan bagi para muridmu untuk tampil ke depan dan menggantikanmu sebagai pengajar.

Meskipun demikian kamu bukannya lantas tidak mempunyai pekerjaan. Tugas kamu untuk menghadapi Generasi Milenial ini adalah seharusnya lebih dominan sebagai pembimbing, biarkan murid-muridmu mengeksplor lebih jauh dan belajar dari pengalaman mereka sendiri.

Mengikuti Trend Saat Ini

Agar bisa "nyambung" dengan Generasi Milenial ini, kamu harus ya paling tidak berani dan percaya diri mengikuti topik-topik ataupun hal-hal yang sedang trend saat ini. Contohnya saja kamu bisa mencoba selfie dengan murid-muridmu atau mencoba-coba membuat video tiktok.

Namun ada satu catatan yang perlu kamu ingat bahwa kamu merupakan seorang tenaga pendidik. Usahakan untuk tidak terlalu mengikuti gaya Generasi Milenial yang terkesan sangat berlebihan dengan cara bergaya cool mungkin saat selfie dengan mereka.

Memperhatikan Penampilan

Generasi Milenial saat ini sangat memperhatikan penampilan meskipun saat pergi ke sekolah. Untuk itu kamu tidak boleh kalah dengan mereka. Kamu juga bisa mengikuti gaya fashion mereka asalkan tidak berlebihan, memakai wewangian ataupun parfum yang tidak berbau menyengat, dan yang terutama pastikan penampilanmu rapi.

Mempunyai Akun Media Sosial

Untuk berinteraksi lebih dekat dengan murid-muridmu maka kamu harus mempunyai akun media sosial seperti facebook, instagram, dan sebagainya. Kamu tidak harus aktif menggunakannya dalam artian sering update untuk mengupload foto ataupun status. Kamu bisa saja menggunakan media sosial ini sebagai media berbagai informasi ataupun sekedar untuk berkomunikasi dengan murid-murid yang kamu miliki.

Penutup

Meskipun mungkin Bapak atau Ibu Guru yang sedang membaca artikel saya saat ini ada yang sudah cukup berumur namun tidak ada salahnya toh untuk mencoba menjadi guru dengan ciri-ciri yang ada di atas?

Selain membuat Bapak atau Ibu Guru lebih dekat dengan para murid-murid sehingga lebih mempermudah proses ajar-mengajar, Bapak atau Ibu Guru nantinya juga akan terbiasa dengan perkembangan zaman ini dan membuat Bapak atau Ibu Guru nampak seperti anak muda yang ikut akan perkembangan zaman.
Fandi Presly Simamora
Fandi Presly Simamora Don't think too long because the chance can't waiting for you.

Tidak ada komentar untuk "Ciri-ciri Guru Milenial di Era "Zaman Now""

Berlangganan via Email