5 Alasan Mengapa Kamu Harus Menggunakan Domain .my.id

Kelebihan Menggunakan Domain .my.id
Icon by flaticon.com
fandipres.my.id - Halo semuanya, kali ini saya akan membahas mengapa kamu harus (lebih baik) menggunakan domain .my.id daripada domain-domain lainnya yang tersedia saat ini. Terlebih lagi bagi kamu yang masih menggunakan subdomain .blogspot.com yang diberikan oleh google secara gratis.

Apa itu Domain?

Singkatnya domain bisa kita artikan sebagai alamat sebuah website atau blog. Semisal jika kita mengibaratkan website atau blog sebagai sebuah rumah dan pengunjung sebagai tamu kita, maka tamu kita ini nantinya harus datang ke alamat jalan (domain) tersebut untuk bisa bertemu dengan kita.

Untuk saat ini setiap domain memiliki akhiran yang sangat beragam. Misalnya saja domain dengan akhiran .com yang merupakan domain yang sangat populer saat ini, .id (dot id) yang merupakan domain khusus negara Indonesia, dan seperti domain blog yang sedang kamu kunjungi ini yaitu fandipres.my.id yang dimana .my.id ini merupakan domain Country Code Top Level Domain (ccTLD) Indonesia yang berada di bawah naungan PANDI - Pengelola Nama Domain Internet Indonesia.

Kamu tentunya akan bertanya, mengapa saya lebih memilih menggunakan domain .my.id dibandingkan domain-domain lainnya? Untuk penjelasan lanjut akan hal itu akan kita bahas pada lima alasan berikut ini.

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Menggunakan Domain .my.id:

Masih Lebih Mending Daripada Domain Gratisan

Bagi kamu para pengguna blogspot, dengan menggunakan custom domain yang satu ini maka kamu dapat menghilangkan domain blogspot.com dari alamat blog yang kamu miliki dan kamu dapat mengcustom sendiri nama domain yang ingin kamu gunakan.

Seperti yang kamu ketahui bahwasannya ada anggapan di khalayak umum bahwa situs-situs dengan domain blogspot.com merupakan situs-situs yang berisi informasi hoax dan tentunya ini dapat mengurangi kepercayaan orang lain terhadap blog yang kamu miliki. Tidak salah memang banyak orang yang beranggapan seperti ini mengingat banyaknya oknum-oknum blogger yang memanfaatkan fasilitas dari google ini demi kepentingan pribadi masing-masing.

Lalu bagaimana dengan domain gratisan lainnya semisal seperti .eu.org ataupun domain dari freenom lainnya? Tidak ada yang salah memang. Namun apabila kamu menggunakan domain dari penyedia domain gratis tersebut, kamu tentunya akan cukup was-was apabila suatu saat penyedia layanan tersebut tutup atau mungkin domain yang kamu miliki tersebut dicabut (diblokir) karena melanggar peraturan yang mereka miliki. Tentunya kamu tidak ingin mengulang dari awal lagi bukan?

Nasionalis Banget

Sempat saya singgung di atas bahwa domain .my.id ini merupakan domain Country Code Top Level Domain (ccTLD) Indonesia yang berada di bawah naungan PANDI. Dengan menggunakan domain yang satu ini tentunya kamu akan terlihat Indonesia banget dengan akhiran .id yang berada di belakangnya.

Sebetulnya selain .my.id, masih terdapat beberapa domain ccTLD lainnya seperti .web.id, .ac.id, .sch.id, .ponpes.id, dan sebaginya namun dengan persyaratan khusus yang akan saya bahas pada poin kelima di bawah.

Harga Domain my.id Tergolong Murah

Pada umumnya untuk dapat menebus sebuah domain dengan akhiran yang populer seperti misalnya .com, .xyz, .id dan sebagainya maka kamu harus merogoh kocek sebesar 120 ribuan - 200 ribuan tergantung ekstensi domain yang kamu pilih.

Untuk domain-domain yang masih tergolong ke dalam ccTLD Indonesia (.id) itu sendiri harganya rata-rata berkisar mulai dari 40 ribuan - 60 ribuan yang mana ini jauh lebih mahal daripada ccTLD .my.id yang dapat saya tebus dengan harga 10 ribuan saja per tahunnya. (untuk tempat saya membeli domain .my.id seharga 10 ribuan lanjut baca ke bawah)

Terdapat Banyak Nama Domain yang Bisa Digunakan

Salah satu permasalahan yang dialami oleh banyak orang terkait urusan branding dengan menggunakan domain-domain populer seperti .com, .id dan .co.id adalah sedikitnya nama domain yang tersedia apabila kamu ingin menggunakan domain dengan ekstensi-ekstensi tersebut.

Hal ini wajar saja mengingat domain-domain populer tersebut sudah lebih dulu ada dan tentunya sudah banyak orang yang menggunakannya dengan berbagai macam nama, kata, dan sebagainya. Dengan begitu karena domain .my.id ini masih tergolong baru, pastinya masih banyak sekali nama domain yang masih tersedia yang dapat kamu gunakan.

Persyaratan yang Tidak Ribet

Jika kamu ingin menggunakan domain .id yang merupakan kode domain negara Indonesia ataupun ccTLD .id yang sempat saya bahas pada poin kedua di atas, maka kamu wajib melakukan verifikasi identitas seperti KTP (untuk .id), surat keterangan lembaga pendidikan (untuk .ponpes.id, .sch.id, .ac.id), dan surat keterangan usaha (untuk .co.id).

Namun khusus untuk .my.id, PANDI sampai saat ini sepertinya tidak mewajibkan persyaratan verifikasi seperti domain-domain yang baru saja saya sebutkan meskipun ternyata pada awal waktu diluncurkannya domain .my.id ini PANDI selaku registri nama domain tingkat Indonesia mewajibkan untuk dilakukannya verifikasi identitas dengan menggunakan KTP / Paspor / SIM seperti keterangan dari PANDI yang saya kutip berikut ini.
Dalam proses pendaftarannya my.id juga tidak lagi memerlukan verifikasi dokumen apa pun dibandingkan dengan sebelumnya yang menggunakan KTP/paspor, saat ini hanya memerlukan verifikasi e-mail yang masih aktif. Hal ini tentunya memberikan keunggulan dan kemudahan bagi para pengguna my.id.

Tempat Membeli Domain .my.id Murah

Rata-rata domain .my.id ini dijual di kisaran 10 ribuan - 25 ribuan di registrar lokal Indonesia. Namun saya menemukan sebuah registrar yang hanya menjualnya seharga 10 ribu pertahunnya ditambah pajak 10% sehingga total biaya yang akan kamu keluarkan apabila ingin membeli domain .my.id ini adalah 11 ribu / tahunnya.

Registar yang saya maksud tersebut adalah idcloudhost.com. Nah bagi kamu yang ingin mempunyai domain .my.id ini saya sarankan untuk kamu membelinya di registrar yang satu ini karena selain harganya yang murah, pelayanan yang diberikan juga cukup baik sampai saat ini. Bayangkan saja dengan harganya yang 10 ribu / tahunnya ditambah pajak 10% sehingga biaya yang kamu keluarkan untuk mempunyai domain .my.id ini adalah 11 ribu rupiah / tahunnya ini berarti pengeluaran yang kamu keluarkan untuk memiliki domain .my.id ini tidak sampai 1000 perbulan. Sangat terjangkau bukan? Yuk langsung saja order domain .my.id kepunyaanmu di idcloudhost.com.

Penutup

Demikianlah 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Menggunakan Domain .my.id. Setelah membaca pembahasan saya yang ada di atas, apakah kamu berniat untuk mulai menggunakan domain .my.id? Berikan pendapat kamu di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.
Fandi Presly Simamora
Fandi Presly Simamora Don't think too long because the chance can't waiting for you.

Tidak ada komentar untuk "5 Alasan Mengapa Kamu Harus Menggunakan Domain .my.id"

Berlangganan via Email