HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Review Ajaib, Aplikasi Investasi Para Milenial

Review Aplikasi Ajaib
Source: dokumentasi pribadi

fandipres.my.id - Halo semuanya. Akhir-akhir ini saya tertarik untuk mempelajari bagaimana cara kerja dari sebuah investasi yang dilakukan pada saham. Saya bahkan sudah beberapa hari ini googling hal-hal yang berkaitan dengan saham serta mengikuti akun-akun instagram yang membagikan info-info tentang investasi saham itu sendiri.

Singkat cerita dari hasil googling sana-sini, serta dengan beberapa pertimbangan yang ada, saya pada akhirnya memilih untuk mencoba belajar investasi saham ini menggunakan aplikasi Ajaib. Lantas mengapa saya memilih Ajaib ini? Yuk lanjut baca!

Ohiya sekedar info sebelum memulai investasi di saham ini, saya sebelumnya juga sudah pernah mencoba untuk berinvestasi di reksa dana dan Emas (Tokopedia Emas) yang mungkin akan saya buatkan juga pembahasannya masing-masing.

Disclaimer: Review pada artikel ini dituliskan berdasarkan opini pribadi berdasarkan pengalaman saya menggunakan aplikasi ini. Adapun yang menjadi poin penilaian dalam artikel ini adalah fitur-fitur yang disediakan pada aplikasi ini jika dibandingkan dengan aplikasi lain sejenis.

Sebelum kita masuk ke pembahasan aplikasi Ajaib ini, kita ada baiknya mengetahui apa pengertian dari saham itu sendiri. Saya kutip dari duwitmu.com, "Saham adalah tanda penyertaan modal seseorang atau pihak (badan usaha) dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas, yang mana dengan menyertakan modal tersebut, maka pihak tersebut memiliki klaim atas pendapatan perusahaan, klaim atas asset perusahaan, dan berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)."

Buat yang ingin tau lebih jauh atau masih kurang ngeh dengan penjelasan yang ada di atas mungkin bisa googling dulu ya. Hehe.

Apa Itu Ajaib?

Ajaib (Ajaib Group) yang dulunya merupakan platform investasi reksa dana yang cukup populer melakukan akuisisi terhadap Primasia Sekuritas pada bulan Mei tahun ini. Nah melalui proses akuisisi tersebut aplikasi Ajaib ini tidak hanya bisa digunakan untuk investasi reksa dana, namun sudah bisa juga dipergunakan juga untuk melakukan investasi saham.

Aplikasi investasi Ajaib ini bisa kamu akses melalui website resminya di ajaib.co.id ataupun melalui aplikasi resminya yang dapat kamu unduh di Play Store. (Isi Kode Promo dengan kode fand188 untuk mendapatkan bonus reksa dana senilai Rp 10.000)

Proses Pendaftaran

Pendaftaran untuk bisa menggunakan Ajaib ini bisa kamu lakukan secara online tanpa harus mendatangi perusahaan sekuritas manapun. Ya! Secara online layaknya kamu melakukan pendaftaran e-wallet seperti OVO, GoPay dsb.

Kamu nantinya hanya perlu mengisi data-data pribadi sesuai dengan KTP milikmu, mendaftarkan rekening bank yang kamu miliki dan yang terakhir melakukan foto dengan KTP sebagai verifikasi. Mudah bukan? Proses verifikasi dari awal pendaftaran hingga akun terverifikasi memakan waktu sekitar 1-3 hari. Waktu tersebut memang terbilang cukup lama, namun selagi menunggu akun terverifikasi kita dapat mempelajari hal-hal seputar dunia saham.

Keunggulan Ajaib

Minimum Deposit Rp 0,-

Jika kamu sebelumnya berpikir untuk bisa membuka rekening untuk memulai investasi saham membutuhkan uang yang tidak sedikit, maka kamu tidak sendirian karena saya juga sebelumnya berpikir demikian. Beberapa perusahaan sekuritas bahkan mematok jumlah minimum deposit untuk bisa membuka rekening dana nasabah mereka masing-masing.

Namun untungnya di Ajaib ini kamu tidak perlu melakukan deposit sepeserpun. Kamu bahkan dapat melakukan deposit ketika kamu baru ingin melakukan transaksi jual beli saham. Jadi intinya daftar aja dulu hehe.

Deposit Mudah dan Banyak Pilihan

Nantinya ketika kamu sudah melakukan pendaftaran, maka rekening dana nasabah yang kamu miliki akan terdaftar sebagai nasabah Bank Permata. Sehingga jika kamu ingin melakukan deposit, maka uang yang ingin kamu depositkan harus ditransfer ke Bank Permata.

Pasti kamu berpikir "ah cukup repot karena saya tidak punya rekening Bank Permata". Kamu tentunya juga berpikir akan biaya admin transfer jika uang yang ingin kamu depositkan berada di bank lain. Namun kamu tidak perlu khawatir akan biaya transfer ke bank lain tersebut karena kamu dapat melakukan deposit dengan memanfaatkan aplikasi Flip yang sudah mendukung transfer ke bank lain tanpa perlu dikenai biaya tambahan satu rupiahpun. Untuk pembahasan mengenai aplikasi Flip ini mungkin nanti akan saya bahas lebih lanjut lagi.

Selain menggunakan transfer dan aplikasi Flip yang saya singgung di atas, kamu juga bisa kok melakukan deposit melalui aplikasi-aplikasi e-wallet seperti OVO, GoPay dan sebagainya. Pokoknya banyak pilihan deh.

Jual-Beli Saham Secara Online

Karena Ajaib ini berbasis aplikasi mobile dan web, maka kamu dapat melakukan transaksi saham dimanapun dan kapanpun kamu mau. Mau dari laptop? Bisa. Dari smartphone? Bisa juga. Yang kamu butuhkan hanyalah gadget dan koneksi internet, maka kamu sudah bisa melakukan transaksi.

Mudah untuk Dipergunakan

Menurut pendapat saya pribadi, aplikasi Ajaib ini sangat mudah digunakan untuk orang awam sekalipun. Kenapa mudah? Karena aplikasi Ajaib ini sudah mengkategorikan setiap fitur yang tersedia ke dalam masing-masing menu.

Semisal untuk mencari Saham ataupun Reksadana kamu tinggal masuk ke menu Cari, lalu ketikkan nama Saham atau Reksadana yang ingin kamu cari. Selain itu di menu cari ini juga terdapat beberapa informasi terkait Saham dan Reksadana sesuai indikator-indikator tertentu semisal terdapat indikator Saham dengan nilai return tertinggi dan sebagainya.

Nantinya terdapat 5 menu di bagian bawah yang terdiri dari Beranda, Cari, Portofolio, Transaksi dan Berita yang bisa kamu eksplore lebih jauh lagi.

Kekurangan Ajaib

Fitur Standar

Bagi kamu yang merupakan pemula dalam dunia persahaman sebenarnya fitur yang disediakan di aplikasi Ajaib ini sudah lebih dari cukup untuk memulai investasi saham. Namun bagi kamu yang sudah expert atau bahkan ingin melakukan trading di aplikasi Ajaib ini nampaknya kamu tidak cocok dengan aplikasi ini karena fitur yang disediakan masih terbilang standar.

Data Saham Delay

Well, menurut pendapat saya yang menjadi kekurangan utama dari aplikasi Ajaib ini adalah data yang ditampilkan tidak real time bagi pengguna yang bertransaksi di bawah 25 juta/bulan karena adanya delay sekitar 15 menit. Hal ini cukup mengganggu terutama bagi orang-orang yang ingin melakukan trading karena kita tidak bisa memastikan apakah harga pembelian/penjualan yang kita tentukan merupakan harga yang sebenarnya.

Misalnya harga saham A sebenarnya Rp 1.500/lembarnya, namun karena adanya delay pada aplikasi Ajaib kita mengira bahwa harga Rp 1.600 yang ditampilkan pada Ajaib merupakan harga yang sebenarnya. Dari sini kita sudah rugi sebanyak Rp 100/lembarnya jika kita melakukan pembelian mengikuti harga yang ada di aplikasi Ajaib.

Solusinya untuk bisa mendapatkan data yang sebenarnya, kamu dapat menggunakan aplikasi data saham seperti RTI Business untuk melihat data bursa saham secara realtime.

Sebagai suatu aplikasi investasi saham dan reksa dana, aplikasi Ajaib ini menurut pendapat saya sangat cocok dengan para milenial seperti saya yang ingin belajar akan hal-hal baru termasuk investasi saham itu sendiri namun tidak ingin direpotkan dengan pendaftaran, pembukaan rekening saham serta transaksi jual-beli saham yang sebelumnya harus dilakukan dengan mendatangi pihak sekuritas.

Selain itu minimum deposit Rp 0,- juga membantu saya sebagai mahasiswa yang hanya memiliki modal seadanya, tidak harus seperti saat membuka rekening saham di pihak sekuritas lain yang memiliki minimum deposit yang sudah dipatok jumlahnya sekian juta.

Sekian review yang dapat saya berikan mengenal aplikasi Ajaib ini, bagaimana pendapat kamu?

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar