HRMlblCMFqqInfU78c3NMJxDetM02ycHTU9BqBl9

Cara Mencari Tau Penyebab Tidak Lulus Kartu Prakerja

Cara Mengetahui Penyebab Selalu Gagal Daftar Prakerja
Source: liputan6.com

fandipres.my.id - Kartu Prakerja merupakan salah satu program unggulan Bapak Presiden Jokowi di mana program ini berbentuk bantuan pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki ataupun meningkatkan keterampilannya. Selain mendapatkan bantuan pelatihan, para peserta prakerja nantinya juga akan diberikan bantuan berupa insentif senilai 2.4 juta rupiah apabila mereka telah menyelesaikan paling tidak satu buah pelatihan.

Hingga artikel ini diterbitkan program kartu prakerja telah memasuki gelombang ke-16 yang di mana hal ini membuktikan bahwa masih sangat banyak masyarakat Indonesia yang ingin mengikuti program ini. Meskipun begitu, ternyata jumlah kuota yang disediakan pada tiap-tiap gelombang tidak sebanding dengan jumlah pendaftar kartu prakerja sehingga jumlah pendaftar yang ditolak akan selalu lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah kuota yang disediakan.

Alasan penolakannya juga bermacam-macam, mulai dari kuota gelombang yang sudah penuh, kesalahan input data diri, serta NIK yang juga terdaftar sebagai penerima bantuan dari Kemensos ataupun berstatus ASN maupun mahasiswa mengingat pada dasarnya masyarakat yang menjadi penerima manfaat kartu prakerja ini seharusnya tidak termasuk ke golongan yang ada di atas.

Nah bagi kamu yang masih bingung apa yang alasan kamu gagal lulus saat daftar prakerja, mungkin kamu bisa mengikuti tutorial yang ada di bawah ini.

1. Buka situs resmi prakerja di www.prakerja.go.id, lalu silahkan masuk dengan akun prakerja yang kamu miliki.

2. Pada dashboard prakerja milikmu, silahkan pilih opsi Riwayat Gelombang untuk melihat daftar riwayat prakerja yang kamu ikuti.

Login Dashboard Prakerja

3. Nantinya kamu akan melihat urutan gelombang prakerja yang kamu ikuti beserta status dan penyebab gagal prakerjanya.

Penyebab Selalu Gagal Daftar Prakerja

Sebagai contoh alasan "Kamu belum berhasil lolos gelombang" artinya adalah kuota gelombang yang kamu ikuti telah penuh yang mana hal ini bisa saja disebabkan karena kamu yang terlalu lama mengklik daftar gelombang ataupun memang berdasarkan penilaian sistem prakerja kamu tidak menjadi prioritas peserta prakerja pada gelombang tersebut.

Adapun alasan lainnya yang bisa kamu lihat pada gambar di atas adalah "NIK kamu terdaftar di Kementerian Sosial (Data Penerima Bantuan Sosial)" yang berarti kamu tidak bisa menjadi peserta prakerja berdasarkan ketentuan bahwa setiap orang yang menjadi penerima bantuan sosial, ASN, serta mahasiswa tidak diperkenankan mengikuti program kartu prakerja ini.

Bagaimana? Apakah alasan kamu gagal daftar prakerja adalah karena gelombangnya sudah penuh? Jika iya, selamat mencoba di gelombang berikutnya ya. Atau apakah kamu menerima alasan lain? Silahkan tuliskan alasan kamu gagal daftar prakerja di kolom komentar ya.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar